gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Floor Hardener: Rahasia Perlindungan Lantai Beton

Fri Feb 16 2024

Floor Hardener: Rahasia Perlindungan Lantai Beton

Fri Feb 16 2024


Peran floor hardener dalam meningkatkan ketahanan permukaan beton sangat vital. Untuk memahami lebih lanjut mengenai floor hardener, perlu dipahami apa sebenarnya floor hardener itu, bagaimana mereka berfungsi, dan bagaimana berbagai jenisnya memenuhi berbagai kebutuhan. Dalam tulisan ini, kita akan menyelami informasi kunci mengenai floor hardener, membahas fungsi-fungsinya, dan menjelajahi variasi-variasi yang tersedia.

Apa itu Floor Hardener?

Floor hardener adalah jenis material yang terbentuk melalui pencampuran semen dengan agregat kasar atau batuan kecil. Tujuannya adalah meningkatkan ketahanan dan kekerasan lantai beton tanpa mengubah struktur kimia semen yang sudah ada dalam lantai tersebut. Selain itu, material ini juga berfungsi mencegah kerusakan dini pada lantai, melindungi, mempertahankan, dan memperkuat lantai beton melalui proses perawatan dan pelapisan yang seragam.

Meskipun biaya penggunaannya relatif tinggi, manfaat yang diberikannya sepadan. Selain memperkuat lantai, floor hardener juga bertindak sebagai perisai terhadap debu serta meningkatkan daya tahan lantai terhadap cuaca dan abrasi.

Jenis-Jenis Floor Hardener

  1. Dalam hal bentuk/tekstur, floor hardener dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bubuk dan cair. Floor hardener bubuk digunakan pada tahap awal pekerjaan lantai beton, sementara floor hardener cair digunakan untuk melapisi lapisan beton yang sudah diberi perlakuan sebelumnya dengan floor hardener.
  2. Dari segi komposisi bahan, ada dua jenis floor hardener, yakni floor hardener alami atau non-logam dan floor hardener logam. Floor hardener alami terbuat dari campuran semen dan pasir silika atau semen dan emery, sedangkan floor hardener logam terdiri dari campuran semen dan serbuk besi.

Fungsi Floor Hardener

  1. Meningkatkan Ketahanan dan Kepadatan Lantai Beton: Floor hardener membantu meningkatkan kepadatan lantai beton, mengatasi masalah kapur yang dapat merusak kekuatannya seiring waktu.
  2. Mengisi Pori-Pori Lantai Beton: Lantai beton memiliki pori-pori yang dapat membuatnya rentan. Floor hardener membantu mengisi pori-pori ini, menjadikan permukaan lantai lebih tahan terhadap penetrasi cairan dan kotoran.
  3. Perlindungan dari Bahan Kimia: Material ini bereaksi dengan kalsium karbonat bebas di dalam beton, membentuk lapisan pelindung yang tahan terhadap bahan kimia.
  4. Lapisan Pelindung untuk Lantai Beton: Gel yang dihasilkan oleh floor hardener membentuk lapisan keras, memperkuat lantai dan melindunginya dari keausan.
  5. Peningkatan Kebersihan Permukaan Lantai Beton: Floor hardener membantu menciptakan permukaan yang mudah dibersihkan dan bebas noda, menjaga tampilan lantai beton tetap terjaga.

 

Kapan Floor Hardener Digunakan?

Floor Hardener biasanya digunakan ketika suatu area akan dijadikan untuk area yang berfungsi untuk pekerjaaan beban berat. Misalnya, bangunan yang dijadikan gudang, kawasan industri, pabrik, zona olahraga. 

Penggunakan Floor Hardener akan menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kualitas, kekuatan dan daya tahan lantai beton.


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel