gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Kenalli Jenis Pasir, Karakter & Fungsinya untuk Konstruksi Bangunan

Thu Mar 21 2024

Kenalli Jenis Pasir, Karakter & Fungsinya untuk Konstruksi Bangunan

Thu Mar 21 2024


Dalam dunia konstruksi, pasir merupakan salah satu material yang tak terpisahkan untuk berbagai adukan. Jenis pasir bervariasi, dengan perbedaan dalam tekstur, bentuk, warna, dan ukuran. Setiap jenis pasir memiliki karakteristik unik dan fungsinya sendiri. Mari kita eksplorasi jenis-jenis pasir dan kegunaannya pada proyek konstruksi.

Jenis-Pasir

Pasir Beton

Pasir beton merupakan jenis pasir yang paling umum digunakan dalam konstruksi. Dengan warna hitam dan tekstur yang agak kasar, pasir beton memainkan peran penting sebagai penguat material bangunan. Digunakan untuk adukan pengecoran, plesteran, dan pemasangan pondasi, pasir beton memberikan kekuatan struktural yang dibutuhkan.

Baca juga: Cek disini kisaran harga jual pasir 2024

Pasir Urug

Pasir urug diterapkan dalam proses pengurugan tanah. Dengan tekstur yang agak kasar, pasir urug mampu menstabilkan permukaan tanah dan mendistribusikan beban dengan efektif. Ideal untuk pengurugan proyek konstruksi, pasir urug menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kestabilan tanah.

Pasir Lampung

Pasir Lampung, dengan tekstur lembut dan halusnya, sering digunakan untuk adukan keramik, bata merah, plester dinding, dan proyek genteng. Sebagai pasir siap pakai, pasir Lampung minim perlu disaring ulang, membuatnya praktis dan efisien untuk berbagai aplikasi konstruksi.

Pasir Bangka

Pasir Bangka diakui sebagai bahan yang baik untuk campuran beton, plester, dan cor. Meskipun memiliki waktu pengeringan yang lama, tukang yang berpengalaman dapat mengatasi hal ini. Kelebihannya terletak pada kemampuannya menciptakan hasil plesteran halus dengan ketebalan minimal, menjadikannya pilihan ideal untuk proyek dengan tuntutan estetika tinggi.

Pasir Mundu

Dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik, pasir Mundu menjadi pilihan yang populer di pasaran. Teksturnya yang kasar dan warna kecoklatan membuatnya cocok untuk plester pemasangan batu bata dan batako. Pasir Mundu menawarkan solusi ekonomis tanpa mengorbankan kualitas.

Pasir Pasang

Pasir pasang umumnya berwarna kecoklatan dan memiliki tekstur kasar. Pasir ini sering digunakan untuk campuran pembuatan adukan atau bata merah karena sifatnya yang kuat dan tahan lama.

Pasir Putih Rangkas

Pasir putih rangkas, sesuai namanya, berwarna putih dan memiliki tekstur halus. Pasir ini cocok digunakan untuk plesteran karena hasil akhir yang lebih halus dan rata. Pasir putih rangkas berkualitas tinggi juga dapat digunakan untuk pembuatan beton.

Pasir Merah atau Jebrod

Pasir merah atau jebrod memiliki warna merah atau kecoklatan dan tekstur kasar. Pasir ini digunakan untuk plesteran dan pemasangan bata atau batako. Pasir merah lebih murah dibandingkan pasir putih rangkas dan mudah ditemukan.

Pasir Sungai

Pasir sungai berwarna kecoklatan atau keabu-abuan dan memiliki tekstur bervariasi, dari halus hingga kasar. Pasir sungai perlu diayak sebelum digunakan untuk membersihkan kotoran dan batu. Pasir sungai dapat digunakan untuk plesteran dan campuran pembuatan adukan, tergantung kehalusan butiran pasir. Namun, penggunaannya perlu disesuaikan dengan kebutuhan proyek karena kualitas pasir sungai bisa tidak konsisten.

Dengan memahami karakteristik dan fungsi setiap jenis pasir, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam pemilihan jenis pasir untuk proyek konstruksi Anda. 

Temukan jenis pasir yang sesuai dengan kebutuhan Anda  untuk harga terbaik melalui fitur layanan Gravel Material di aplikasi Gravel.


Kamu Mungkin Suka

image

Perumahan Gresik Kota Baru: Hunian Modern dengan Banyak Keunggulan

Jumat, 31 Mei 2024

image

Pelajari Gravel Protect Terbaru, Bikin Kerja Aman & Hati Tenang!

Sabtu, 1 Juni 2024

image

Pembangunan Spring Valley Sentul city oleh Gravel

Rabu, 29 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel