gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

FAQ | Gravel Maintenance

Tue May 23 2023

FAQ | Gravel Maintenance

Tue May 23 2023


Di aplikasi Gravel sekarang ada pilihan Gravel Construction dan Gravel Maintenance. Apa perbedaannya?

Gravel Construction adalah jasa tukang bangunan untuk proyek konstruksi yang cakupan pekerjaannya lebih kompleks, seperti proyek konstruksi pembangunan atau renovasi.

Gravel Maintenance adalah jasa tukang bangunan khusus untuk layanan perbaikan dan perawatan hunian.

Jika kamu butuh perbaikan untuk bagian tertentu saja di rumah atau apartemen, misalnya plafon bocor atau keramik kamar mandi pecah, gunakan jasa tukang bangunan Gravel Maintenance. Tapi, jika yang dibutuhkan renovasi atau perluasan bangunan, misalnya memindahkan posisi dapur ke belakang bangunan atau menambah kamar tidur, pilih Gravel Construction. 

Kalau begitu, pekerjaan apa saja yang tercakup dalam Gravel Maintenance?

Gravel Maintenance mencakup perbaikan dan perawatan hunian di bagian berikut:

  1. Atap
    1. Perbaikan dan pemasangan genteng
    2. Penggantian genteng baru
  2. Dinding
    1. Cat dinding eksterior
    2. Cat duco (pada bahan kayu atau besi)
    3. Pengelupasan cat dinding / wallpaper
    4. Bongkar pasang wallpaper
    5. Penambalan dinding yang berlubang
    6. Penambalan retak rambut
  3. Lantai
    1. Bongkar pasang keramik
    2. Pasang keramik di atas keramik
    3. Pasang keramik baru
    4. Perbaikan keramik yang pecah
    5. Pasang vinyl/parket/SPC
  4. Saluran air
    1. Perbaikan kebocoran/rembesan pada dinding, plafon, atau pipa air
    2. Perbaikan saluran sanitary
  5. Listrik
    1. Perbaikan armature listrik (lampu, stop kontak, saklar)
    2. Penambahan/pemasangan armature baru (lampu, stop kontak, saklar)
    3. Perbaikan panel listrik 1 phase/3 phase rumah
    4. Perapihan instalasi kabel
  6. Kelengkapan rumah
    1. Bongkar pasang perabotan rumah
    2. Perbaikan pintu dan perabotannya
    3. Perbaikan opening
    4. Pemasangan bracket
    5. Pembersihan kaca
  7. Waterproofing
    1. Identifikasi kebocoran
    2. Pengaplikasian lapisan waterproofing
  8. Gipsum
    1. Pemasangan gypsum board 
    2. Pekerjaan rangka tahanan samping
    3. Pekerjaan rangka tahanan tengah
    4. Pemasangan gypsum list

Jika ada jenis pekerjaan lain yang Anda butuhkan namun belum tercantum di sini, silakan hubungi tim Gravel. 

Apakah jenis keahlian tukang Gravel Maintenance sama dengan Gravel Construction?

Tukang Gravel Maintenance menguasai banyak keterampilan pekerjaan konstruksi, mulai dari perbaikan atap, ganti keramik, pengecatan, dan sebagainya, yang menjadi kebutuhan pemilik hunian. Sedangkan tukang Gravel Construction lebih fokus pada keahlian konstruksi tertentu. Pada dasarnya, semua tukang bangunan di Gravel memiliki keahlian yang sesuai standar industri konstruksi di Indonesia dan sudah lolos seleksi ketat Gravel.

Saya belum paham benar terkait kerusakan yang perlu diperbaiki, apakah dari team Gravel bisa membantu melakukan pengecekan?

Bisa. Sebelum pekerjaan perbaikan atau perawatan dilakukan, Gravel Maintenance akan mengirimkan Surveyor untuk mengidentifikasi kerusakan dan menghitung estimasi pekerjaan, termasuk jumlah tukang yang dibutuhkan, material yang digunakan, dan durasi pekerjaannya. 

Apakah survei wajib diambil?

Betul, karena dengan adanya survei, perbaikan atau perawatan jadi lebih tepat sasaran dan perhitungan biaya juga jadi terukur. 

Survei juga dapat menghemat waktu dan tenaga. Apabila tukang langsung datang tanpa ada gambaran detail tentang kerusakan, ia akan butuh waktu lagi untuk memeriksa kerusakan, mendata bahan yang dibutuhkan, estimasi biaya dan sebagainya. 

Dengan adanya laporan survei dari surveyor, maka pemilik hunian dapat mempersiapkan material bangunan yang dibutuhkan. Begitu tukang datang, ia dapat langsung bekerja sesuai laporan survei tersebut. 

Di mana saja cakupan wilayah Gravel Maintenance?

Saat ini Gravel Maintenance baru tersedia di wilayah Jabodetabek. 

Untuk layanan Gravel Maintenance kota-kota lainnya, tunggu update terbaru dari Gravel, ya.

Saya sudah melakukan pemesanan tukang sesuai estimasi dari Surveyor tetapi tukangnya tidak datang, apakah akan ada tukang pengganti?

Ya. Jika tukang tidak datang, maka Gravel akan mencarikan tukang pengganti sesegera mungkin. 

Bagaimana caranya tahu pekerjaan yang dibutuhkan masuk kategori maintenance atau bukan?

Hubungi Saras, layanan informasi Gravel, via whatsapp di 08134680068 untuk konsultasi kebutuhan layanan jasa tukang bangunan. 

Apakah saya bisa membatalkan pemesanan setelah survei dilakukan?

Tujuan survei adalah untuk mengidentifikasi kerusakan dan estimasi perbaikan hunian. 

Setelah survei selesai dan laporan survei diterima, kamu bebas menentukan langsung melanjutkan pesan tukang Gravel Maintenance atau tidak. Tentunya, akan lebih baik jika perbaikan dilakukan secepatnya agar kerusakan tidak meluas dan biaya yang dikeluarkan semakin besar. 

Apakah terdapat garansi?

Garansi tidak menjadi bagian dari layanan Gravel, karena konsep kerjasama kami baik dengan surveyor maupun tukang adalah kemitraan. Artinya, tukang dan surveyor yang kamu pesan bekerja secara mandiri dan bukan merupakan karyawan PT Gravel Teknologi Indonesia.

Meski demikian, untuk survei Gravel memberikan 14 hari masa berlaku hasil survei untuk mengantisipasi keadaan yang berubah, misalnya ada kerusakan atau titik kebocoran yang bertambah akibat cuaca. Sedangkan untuk pekerjaan tukang, jika hasil pekerjaan dirasa tidak memuaskan, kamu dapat menghubungi Account Manager maupun Customer Service Gravel. Gravel akan berupaya semaksimal mungkin mencari solusi terbaiknya.


 

There are two options in the Gravel app: Gravel Construction and Gravel Maintenance. What's the difference?

Gravel Construction provides service for projects involving more complex work, such as building or renovation.

Gravel Maintenance offers different construction services specializing in home repairs and maintenance.

If you need repairs for certain parts of your house or apartment, such as a leaking ceiling or broken bathroom tiles, order Gravel Maintenance. However, if you require building renovation or house extension, for example, moving the kitchen to the back of the house or adding a bedroom, you should choose Gravel Construction.

What types of work are included in Gravel Maintenance?

Gravel Maintenance includes repair and maintenance of the following parts of a residence:

  1. Roof 
    1. Roof repair and installation 
    2. Replacement of roof tiles
  2. Exterior 
    1. Wall painting 
    2. Duco painting (on wood or iron materials) 
    3. Wall paint/wallpaper peeling 
    4. Wallpaper installation and removal
    5. Patching/repairing walls with holes
    6. Patching/repairing hairline cracks 
  3. Floor
    1. Ceramic tiles installation and removal 
    2. Install new ceramic tiles on top of existing ceramic tiles
    3. Install new tiles 
    4. Repair of broken ceramic tiles 
    5. Install vinyl/parquet/SPC flooring 
  4. Water pipes
    1. Repair of leaks in walls, ceilings, or water pipes 
    2. Sanitary pipe repair
  5. Electricity 
    1. Repair of electrical fixtures (lights, power outlets, switches) 
    2. Addition/installation of new electrical fixtures (lights, power outlets, switches)
    3. Repair of 1-phase/3-phase electrical panels in the house 
    4. Organizing cable installations 
  6. Household items 
    1. Disassembling and assembling household furniture 
    2. Repair of doors and furniture 
    3. Opening repairs 
    4. Bracket installation 
    5. Glass cleaning 
  7. Waterproofing
    1. Leak identification 
    2. Application of waterproofing layers 
  8. Gypsum 
    1. Installation of gypsum boards 
    2. Side support framework 
    3. Middle support framework 
    4. Installation of gypsum lists

Please contact the Gravel team if you need other types of work outside the above list.

Are the skills of Gravel Maintenance workers the same as those of Gravel Construction?

Gravel Maintenance workers have a wide range of construction skills, including roof repairs, tile replacements, painting, and so on, which are the needs of homeowners. Gravel Construction workers, on the other hand, are more focused on specific construction skills. In essence, all construction workers at Gravel have the skills that meet the construction industry standards in Indonesia and have passed Gravel's rigorous selection process.

I'm not sure about the specific damages that need to be fixed. Can the Gravel team help with a survey?

Sure, before any home repair or maintenance is carried out, Gravel Maintenance will send a surveyor to identify the damages and estimate the budget for the job, including the number of workers needed, materials required, and the duration of the work.

Is the survey mandatory?

Yes, because with a survey, the repairs or maintenance can be more targeted, and the cost estimation can be measurable.

The survey also saves time and effort. If the worker comes directly without a detailed understanding of the damage, they will need more time to inspect the damage, gather the required materials, estimate the costs, etc.

With the survey report from the surveyor, homeowners can prepare the necessary building materials. When the worker arrives, they can immediately start working according to the survey report.

Where is Gravel Maintenance available?

Gravel Maintenance is only available in Jabodetabek, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, and other cities across East Java. 

For Gravel Maintenance services in other cities, please stay tuned for the latest updates from Gravel.

I have placed an order for a worker based on the estimate from the surveyor, but the worker did not show up. Will there be a replacement worker? 

Yes. Gravel will arrange for a replacement worker if the worker does not show up as soon as possible.

How can I determine if the required work falls under maintenance or not? 

Feel free to contact Saras, Gravel’s customer service, via WhatsApp at 08134680068 to consult about your needs for construction worker services.

Can I cancel the order after the survey has been conducted? 

The purpose of the survey is to identify the damages and estimate the necessary repairs for the residence. After the survey is completed and the survey report is received, you are free to decide whether to order the Gravel Maintenance worker. However, proceeding with the repairs as soon as possible is advisable to prevent further damage and increased costs.

Is there a warranty?

Warranty is not part of Gravel's service because our collaboration concept with surveyors and workers is based on a partnership. This means that the workers and surveyors you hire work independently and are not employees of PT Gravel Teknologi Indonesia. However, for surveys, Gravel provides a 14-day validity period for the survey results to anticipate any changes, such as additional damage or leaks due to weather conditions. As for the work carried out by the workers, you can contact the Account Manager or Customer Service at Gravel if you find the results unsatisfactory. Gravel will make every effort to find the best solution possible.


Kamu Mungkin Suka

image

Perumahan Gresik Kota Baru: Hunian Modern dengan Banyak Keunggulan

Jumat, 31 Mei 2024

image

Pelajari Gravel Protect Terbaru, Bikin Kerja Aman & Hati Tenang!

Sabtu, 1 Juni 2024

image

Pembangunan Spring Valley Sentul city oleh Gravel

Rabu, 29 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel