Mon Mar 20 2023
Mon Mar 20 2023
Saya sedang mencari tukang, bagaimana cara mendapatkan tukang dari Gravel?
Kamu bisa mendapatkan tukang untuk mengerjakan proyek konstruksi, dengan download aplikasi Gravel
Saya adalah tukang yang sedang mencari pekerjaan, bagaimana cara mendaftar ke Gravel?
Untuk jadi mitra tukang Gravel, pilih aplikasi Dulur yang berwarna kuning khusus untuk tukang mencari pekerjaan. Silakan download di sini
Jangan salah pilih aplikasi Gravel yang berwarna hitam ya, karena itu untuk pemilik proyek yang ingin mempekerjakan tukang.
Apa yang harus saya persiapkan untuk membuat akun di Gravel?
Ada 3 (tiga) hal yang harus disiapkan untuk membuat akun Gravel sebagai owner (pemilik proyek):
Apakah akun Owner bisa untuk mewakili Perusahaan?
Bisa. Setelah memasukkan data pribadi, kamu dapat membuat Profil Bisnis dengan mencantumkan nama perusahaan dan nomor telepon yang aktif pada tab Profil di aplikasi.
Memesan Tukang melalui Aplikasi Gravel
Bagaimana langkah-langkah pemesanan tukang di aplikasi?
Untuk kebutuhan material bangunan, apakah saya bisa membeli material bangunan di Gravel? Bagaimana dengan pembelian material bangunan yang akan digunakan tukang?
Saat ini Gravel hanya menyediakan jasa tukang, jadi untuk pembelian material dilakukan sendiri oleh owner (pemilik proyek).
Apakah tukang di Gravel membawa alat-alat sendiri?
Tukang Gravel akan membawa peralatan kerja standar, seperti palu, gergaji, meteran, dan sebagainya. untuk peralatan mesin perlu disediakan sendiri oleh pemilik proyek.
Apakah saya harus menyediakan tempat tinggal untuk para tukang?
Jika kamu menyediakan tempat tinggal, tentu akan menghemat waktu perjalanan tukang dari dan ke lokasi proyek. Namun jika tidak ada, mohon cantumkan saat membuat pekerjaan dan informasikan apakah lokasi dapat dijangkau dengan transportasi umum.
Apakah layanan Gravel sudah menjangkau seluruh wilayah Indonesia?
Ya, mitra tukang Gravel dapat mengerjakan proyek di seluruh wilayah Indonesia.
Lokasi saya di luar Jakarta, bagaimana dengan biaya transportasi tukang untuk menjangkau lokasi proyek saya?
Mitra tukang Gravel tersebar di berbagai daerah, termasuk di luar Jakarta. Apabila tukang sedang tidak tersedia, segera kontak customer service atau hubungi Account Manager yang ditugaskan langsung untuk membantu kamu.
Jenis pekerjaan apa saja yang dapat dilakukan oleh tukang Gravel?
Cakupan pekerjaan yang dilakukan tukang Gravel meliputi dan tidak terbatas pada pembangunan dari nol, renovasi, pemeliharaan, dengan jenis bangunan rumah, apartemen, bangunan komersial, sekolah, pabrik, dan lain-lain. Konsultasikan kebutuhan konstruksi kamu dengan kami terlebih dahulu, ya.
Ke mana saya mengirimkan deposit dan bagaimana caranya?
Kamu bisa deposit dengan ke akun Dompet setelah membuat pekerjaan di halaman utama. Terdapat 3 (tiga) metode deposit dapat kamu pilih, yaitu:
Apabila kamu membutuhkan penambahan deposit ketika pekerjaan sedang berjalan, hubungi Account Manager-mu.
Saya sudah bayar deposit untuk 7 hari, tapi pekerjaan selesai di hari ke-3. Apa sisa depositnya bisa dikembalikan?
Tentu bisa. Sisa deposit yang tidak terpakai akan dikembalikan atau digunakan untuk pemesanan tukang di pekerjaan berikutnya. Sisa deposit dapat ditarik dengan cara mengaktifkan button Tarik Dana yang terdapat di aplikasi Gravel. Gunakan juga button ini pada saat kamu ingin melakukan refund.
Mengapa harga tukang bisa berubah-ubah?
Harga yang dinamis atau naik turun dapat terjadi ketika kamu memesan tukang di Gravel. Perubahan harga tukang di Gravel dipengaruhi oleh kondisi permintaan dan penawaran pada waktu dan lokasi pemesanan, sehingga tarif upah tukang mengalami kenaikan.
Sebagai contoh, kamu memesan tukang finishing pada saat permintaan tukang di area kamu sedang banyak, maka harga tukang dapat menjadi sedikit lebih tinggi dari biasanya. Jangan khawatir, kami pastikan harga yang diberikan masih mengikuti harga batas atas dan batas bawah.
Apakah saya bayarkan upahnya langsung ke tukang?
Tidak. Karena kamu sudah melakukan deposit melalui Dompet sebelum membuat pekerjaan, maka Gravel yang akan membayarkan upah tukang dengan memotong saldo Dompet. Upah akan dibayarkan kepada tukang setiap H+1 terhitung dari tukang menyelesaikan pekerjaan dan absen pulang di hari kerja yang telah ditentukan.
Apakah saya bisa memesan dan membayar tukang dengan sistem borongan?
Saat ini pemesanan dengan sistem borongan belum tersedia di aplikasi kami. Informasi lebih lanjut terkait pemesanan dengan sistem borongan, kamu dapat menghubungi Saras - Customer Service Gravel di:
Telepon: (021) - 24100300 (jam operasional Senin-Jumat pukul 09.00-18.00 WIB)
Whatsapp: https://wa.me/6283114680068
Salam ID: gravel
Bagaimana saya berkomunikasi dengan tukang?
Gravel memiliki aplikasi Salam untuk mempermudah komunikasi terkait pekerjaan sekaligus menjaga privasi semua pihak. Jadi, setelah kamu berhasil buat Pekerjaan di aplikasi Gravel, kamu akan langsung terhubung dengan tukang melalui Group Chat di aplikasi Salam. Di group chat juga terdapat perwakilan Gravel untuk mendampingi koordinasi pekerjaan, dari sebelum pekerjaan dimulai, saat pekerjaan berlangsung, dan setelah pekerjaan selesai.
Tukang yang saya pesan tidak datang dan tidak ada kabar, apa yang dapat saya lakukan?Hubungi Saras - Customer Service Gravel melalui chat Gravel Official Account atau Account Manager yang menjadi PIC Gravel pekerjaan kamu, untuk dicarikan tukang pengganti segera. Tukang pengganti dapat datang di hari yang sama atau selambatnya H+1 atau H+2 sejak permintaan penggantian diajukan.
Tukang tidak datang tapi saldo Dompet saya sudah berkurang, apakah saya bisa minta dana yang terpotong dapat dikembalikan?
Saldo deposit yang sudah berkurang untuk pembayaran tukang yang tidak datang akan dikembalikan ke Dompet akun kamu dalam waktu H+2 hingga H+5. Mohon konfirmasikan ketidakhadiran tukang kepada Account Manager atau Saras (Customer Service Gravel). Begitu juga apabila tukang ternyata hadir, tetapi tidak dapat melakukan absen melalui aplikasinya.
Jika ada tukang di lapangan yang berperilaku tidak menyenangkan, apa saya bisa minta untuk diganti?
Bisa. Gunakan cara yang sama seperti permintaan penggantian tukang di atas, ceritakan dengan singkat dan jelas alasan kamu ingin memberhentikan tukang tersebut, disertai dengan bukti percakapan atau bukti valid lainnya.
Saya masih punya sisa deposit setelah pekerjaan ini selesai, apakah bisa dikembalikan?
Bisa. Silakan ajukan penarikan saldo deposit melalui Account Manager yang menjadi PIC pekerjaan kamu.
Apakah Gravel memberikan garansi jika hasil pekerjaan tukang tidak memuaskan?
Garansi tidak menjadi bagian dari layanan Gravel, karena konsep kerjasama kami dengan tukang adalah kemitraan. Artinya, tukang-tukang yang kamu pesan bekerja secara mandiri dan bukan merupakan karyawan PT Gravel Teknologi Indonesia. Meski demikian, jika hasil pekerjaan dirasa tidak memuaskan, maka kamu dapat menghubungi Account Manager maupun Customer Service Gravel dan kami akan berupaya semaksimal mungkin mencari solusi terbaiknya.
Saya ingin mengajukan kerja sama dengan Gravel, ke mana saya dapat menghubungi?
Kamu dapat mengirimkan proposal kerjasama melalui email ke halo@graveltechnology.com atau melalui whatsapp ke https://wa.me/6283114680068
Saya ingin bekerja di perusahaan Gravel, lowongan pekerjaan apa saja yang tersedia?
Pekerjaan yang tersedia saat ini dapat dilihat pada link berikut https://careers.smartrecruiters.com/gravel
Jika ada pertanyaan, keluhan, dan saran, kamu dapat menghubungi Saras - Customer Service Gravel melalui:
Telepon : (021) - 24100300 (jam operasional Senin-Jumat pukul 09.00-18.00)
Whatsapp : https://wa.me/6283114680068
Gravel Official Account di tab Chat aplikasi Gravel
I'm looking for a construction worker. How can I find one from Gravel?
You can find worker(s) for your construction project by downloading the Gravel app.
What do I need to create an account on Gravel?
You only need 2 (two) things to create a Gravel account as a project owner:
Can an owner account represent a Company?
Yes. After entering your personal data, you can create a Business Profile by providing your company name and an active telephone number in the Profile tab of the application.
What are the steps to book a worker using the Gravel app?
What about the materials? Can I purchase them with the Gravel app?
Of course. Now, users have the convenience of shopping for construction materials via Gravel app, because Gravel has just added a new feature ‘Gravel Material’. You can access this feature on the latest version of Gravel app.
How to order materials in the Gravel app?
Here are the steps to order material from Gravel Material:
Do the workers from Gravel bring their own tools?
Gravel workers only bring standard working tools such as hammers, saws, measuring tapes, etc. However, for more complex/specific tools or machinery equipment should be provided by the project owner, if needed.
Do I need to provide accommodation for the workers?
Providing accommodation can save the workers' travel time to and from the project location. However, if you don't have accommodation available, please mention it when creating the job and inform whether the location is accessible by public transportation.
Does Gravel's service cover locations across Indonesia?
Yes, Gravel's partner workers can work on projects across the entire territory of Indonesia.
My location is outside Jakarta. What about the transportation costs for the workers to reach my project location?
Gravel's partner workers are spread across various regions, including outside Jakarta. The Dulur app will inform you of the nearest workers to your location to take on the job. If a worker is not available, please contact customer service or reach out to your assigned Account Manager for assistance.
What types of jobs can Gravel workers do?
Gravel workers can handle a wide range of construction tasks, including but not limited to building from scratch, renovation, and maintenance, covering various types of buildings such as houses, apartments, commercial buildings, schools, factories, and more. Please consult with us regarding your specific construction needs.
Where do I send the deposit and how can I do it?
You can deposit funds into your Wallet account after creating a job on the main page. There are 3 deposit methods to choose from:
If you need to add more deposits during an ongoing job, contact your Account Manager.
I have paid a deposit for 7 days, but the job was completed on the 3rd day. Can the remaining deposit be refunded?
Certainly. Any unused deposit will be refunded or can be used for booking workers in the next job. You can withdraw the remaining deposit by activating the "Withdraw Funds" button in the Gravel app. You can also use this button when requesting a refund.
Why do worker wages fluctuate?
Dynamic or fluctuating prices can occur when you book workers through Gravel. Price changes at Gravel are influenced by supply and demand conditions at the time and location of the booking, resulting in varying worker wage rates.
For example, if you book a finishing worker during a high-demand time in your area, the worker's price may be slightly higher than usual. However, rest assured that the prices provided are still within the upper and lower limits.
Do I pay the wages directly to the worker?
No. Since you have already made a deposit via the “Dompet” (wallet) before creating the job, Gravel will pay the worker's wages by deducting from your wallet balance. Wages will be paid to the worker every D+1 (one day after) from the day the worker completes the job and checks out by the end of the day.
To avoid risks, please don’t make any payment outside the app, including direct payment to the worker.
Can I order workers based on a contract with a fixed price instead of hiring daily workers?
Gravel also provides a construction service called "Gravel Borongan". For detailed information and consultation regarding this service, please contact Saras (Customer Service) at:
Phone: (021) - 24100300 (operational hours: Monday to Friday, 09:00-18:00 WIB)
WhatsApp: 0831 1468 0068
Salam ID: gravel
How do I communicate with the worker?
Gravel uses SalamChat, a chat application, to facilitate communication between clients and workers during the project. We use this chat to protect privacy for both parties.
So, once you have successfully created a job on Gravel app, you will be connected with the workers through the Group Chat feature in the SalamChat app. In the group chat, there will also be Gravel’s representative to assist with job coordination, from before the project starts, during, and until completed.
The worker I ordered didn't show up and there's no communication, what can I do?
Contact Saras - Gravel Customer Service through the Gravel Official Account chat or the Account Manager assigned to your project to arrange for an immediate replacement worker. The replacement worker can arrive on the same day or at the latest within D+1 or D+2 from the time a replacement request is made.
The worker didn't show up, but my Gravel Wallet balance has been deducted. Can I request a refund for the deducted amount?
The deposit balance deducted for the worker payment will be refunded to your Gravel Wallet within D+2 to D+5. Please confirm the worker's absence with your Account Manager or Saras (Gravel Customer Service). Similarly, if the worker is present but unable to mark their attendance through the app, please notify your Account Manager or Saras.
If there is a worker with unpleasant behavior, can I request a replacement?
Certainly. You can use the same method as mentioned above for requesting a worker replacement. Briefly and clearly explain the reason why you want a replacement, backed up with any conversation evidence or other valid proof.
I still have a remaining deposit balance after the project is completed. Can it be refunded?
Yes. Please submit a withdrawal request for the remaining deposit balance to your Account Manager assigned to your project.
Does Gravel provide a guarantee if I'm unsatisfied with the worker's job?
Guarantees are not part of Gravel's service, as our collaboration concept with workers is based on a partnership. It means that the workers you hire work independently and are not employees of PT Gravel Teknologi Indonesia. However, if you find the job result unsatisfactory, you can contact your Account Manager or Customer Service, and we will make every effort to find a solution and mediate between you and the worker.
I want to propose a collaboration with Gravel. Where should I contact?
You can send your collaboration proposal via email to halo@graveltechnology.com or via WhatsApp to 0831 1468 0068.
I want to work at Gravel. What job openings are available?
The current job openings can be viewed at the following link: https://careers.smartrecruiters.com/gravel
If you have any questions, complaints, or suggestions, you can contact Saras - Gravel Customer Service:
Telephone: (021) - 24100300 (operational hours: Monday-Friday, 09:00-18:00)
WhatsApp: 0831 1468 0068
Gravel Official Account on the Chat tab in the Gravel app.
Cara Menghitung Borongan Atap Baja Ringan & Estimasi Harganya
Jumat, 11 Oktober 2024
SEPTEMBER CERIA: PERBAIKAN HUNIAN LEBIH HEMAT SAMBIL BELANJA BAHAN BANGUNAN
Rabu, 4 September 2024
Panduan Praktis Paham Biaya Borongan Pipa
Jumat, 20 September 2024
Lihat Semua