gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pro dan Kontra AC Sentral yang Harus Diketahui

Fri Jul 19 2024

Pro dan Kontra AC Sentral yang Harus Diketahui

Fri Jul 19 2024


Lupakan AC split yang itu-itu saja! Saatnya Anda merasakan kesejukan menyeluruh di setiap sudut hunian atau gedung Anda dengan AC sentral. Artikel ini akan mengungkap bagaimana AC sentral bekerja, keunggulannya yang tak tertandingi, serta pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk memasangnya. Jangan lewatkan informasi penting seputar efisiensi energi, distribusi udara merata, dan kapasitas pendinginan yang luar biasa!

Apa itu AC Sentral?

AC Sentral adalah salah satu jenis pendingin ruangan yang proses pendinginannya terpusat pada satu titik yang kemudian didistribusikan ke semua ruangan. AC Sentral memiliki kapasitas yang besar dan memiliki teknologi yang canggih sehingga mampu mengcover area yang luas dan memberikan distribusi udara yang merata dan sesuai dengan kebutuhan ruangan. Biasanya AC sentral dipakai di bangunan besar seperti apartemen, hotel, dan mall. Namun bisa juga dipasang di hunian dengan beberapa pertimbangan. 

Baca juga: Dimana Lokasi Pemasangan Outdoor AC yang Benar?

Menentukan AC Sentral atau AC Split

Menentukan pilihan antara AC split atau AC sentral membutuhkan pemikiran matang. AC split cocok untuk ruangan yang butuh pendinginan terpisah, sementara AC sentral cocok untuk gedung dengan ruangan luas yang memerlukan pendinginan menyeluruh. Keputusan akhir tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi pengguna.

Gravel-Borongan_Website-Banner-1140x380px_1-3.png

Bagaimana Cara Kerja AC Sentral?

AC sentral mengambil udara dari dalam ruangan melalui duct atau saluran udara, kemudian mendinginkannya melalui suatu proses pendinginan menggunakan refrigerant. Setelah itu, udara dingin didistribusikan ke berbagai ruangan melalui sistem ductwork atau saluran udara. Proses ini terus berulang hingga mencapai suhu yang diinginkan oleh pengguna.

Keunggulan & Kekurangan AC Sentral

AC Sentral memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Sebelum memutuskan untuk membeli AC Sentral, pastikan anda mempertimbangkan kebutuhan dan budget anda, dan jangan lupa untuk mempertimbangkan kekurangannya juga agar anda tidak menyesal setelahnya.

 

AC-Sentral

Keunggulan Menggunakan AC Sentral

Berikut adalah beberapa keunggulan AC Sentral:

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

  • Efisiensi Energi 
    AC Sentral memiliki sistem yang efisien dan memiliki teknologi terbaru yang membuatnya lebih hemat energi dan lebih ekonomis dibandingkan dengan sistem AC lainnya. Tapi ini berlaku untuk ruangan dengan kapasitas besar seperti mall, aula, hotel, kantor, dan ruangan besar lainnya.
  • Cara Kerja 
    AC Sentral memiliki cara kerja yang lebih baik dan lebih stabil dibandingkan dengan sistem AC lainnya.
  • Distribusi Udara 
    AC Sentral memiliki sistem distribusi udara yang menyeluruh dan merata sehingga membuat suhu udara yang dihasilkan lebih sesuai dengan kebutuhan ruangan.
  • Kapasitas
    AC Sentral memiliki kapasitas yang lebih besar sehingga dapat mengcover area yang lebih luas dan lebih banyak ruangan dibandingkan dengan sistem AC lainnya.
  • Keamanan
    AC Sentral memiliki sistem keamanan yang lebih baik sehingga dapat menjaga keselamatan dan kenyamanan penggunanya.

Kekurangan Menggunakan AC Sentral

AC Sentral juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memilih untuk memasang di dalam hunian Anda. Beberapa kekurangan AC Sentral di antaranya adalah: 

banner-konsultasi.png

  1. Biaya Instalasi 
    Tidak hanya harga barangnya, biaya instalasi AC Sentral biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan sistem AC lainnya karena memerlukan proses instalasi yang lebih kompleks dan membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak.
  2. Biaya Perawatan 
    Biaya perawatan AC Sentral juga lebih tinggi dibandingkan dengan sistem AC lainnya karena memerlukan perawatan yang lebih intensif dan berkala. Sekalipun lebih tinggi, harga komponen AC Sentral diketahui sama seperti AC biasa
  3. Kebutuhan Ruangan 
    AC Sentral memerlukan ruangan yang cukup besar untuk menempatkan unit utamanya, sehingga tidak cocok untuk ruangan yang kecil atau terbatas. Jadi, jika untuk pemasangan di rumah, ada baiknya mempertimbangkan kembali karena bisa memicu boros listrik.
  4. Ketergantungan Terhadap Unit Utama 
    Cara kerja AC Sentral sangat bergantung pada unit utama dan jika terjadi kerusakan pada unit utama, maka sistem AC Sentral akan terganggu dan membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya.
  5. Ketergantungan Terhadap Listrik
    AC Sentral sangat bergantung pada listrik dan jika terjadi gangguan pada listrik, maka sistem AC Sentral akan terganggu dan membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya.
AC-Sentral

banner-maintenance copy.png

Dengan berbagai keunggulan  dan kekurangan yang dimiliki, AC Sentral menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin memiliki sistem AC yang efisien dan kinerja baik. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, AC Sentral masih menjadi pilihan yang tepat bagi banyak orang karena keunggulan dan kinerja yang dimilikinya. 

Temukan sejumlah artikel menarik seputar berita konstruksi pada blog teknologi Gravel. Cek juga sejumlah fitur produk jasa konstruksi yang dapat mempermudah aktivitas pembangunan dan renovasi properti milik Anda di halaman-halaman produk Gravel!


Kamu Mungkin Suka

image

Stone Coating: Solusi Pelapis Dinding Eksterior yang Tahan Lama dan Indah

Minggu, 21 Juli 2024

image

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Batu Andesit di Rumah Anda

Kamis, 18 Juli 2024

image

Bermain Lebih Asyik, Ini 5 Tips Merombak Ruang Main Anak

Kamis, 18 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel